Widget HTML Atas

Sistem Registry Berbasis Windows

   Pembahasan kali ini saya akan menjelaskan sistem registry berbasis windows, bagi yang belum tau apa itu sistem registry. Langsung simak saja penjelasan singkat berikut ini..

Apa itu registry? Registry adalah basis data yang disusun secara hierarkis yang didalam nya mengandung berbagai macam informasi mengenai konfigurasi sistem, berbagai macam konfigurasi seperti perangkat keras, perangkat lunak, asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya hingga preferensi pengguna. Registry Windows disimpan dalam berkas yang berbeda - beda mengikuti versi sistem operasi, tidak semua berkas di simpan dalam penyimpanan lokal, struktur registry agak mirip dengan struktur direktori dalam sistem berkas. 
Susunannya adalah: root directory>\<subtree>\<key>\<subkey...>. Sebagai contoh MyComputer\HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows. Registry disusun secara hierarkis atas beberapa anak pohon, My Computer sebagai root directory-nya, Windows sebagai nama subkey, yang terdapat di subkey Microsoft, Software terdapat di dalam key, yang terdapat dalam subtree HKEY_LOCAL_MACHINE. Anak pohon tersebut adalah :
  1. HKEY_CURRENT_USER
  2. HKEY_USERS
  3. HKEY_CLASSES_ROOT
  4. HKEY_LOCAL_MACHINE
  5. HKEY_PERFORMANCE DATA
  6. HKEY_CURRENT_CONFIG.
Berhati - hatilah saat mengedit registry, perlu di ingat registry yang rusak (eror) sering sekali tidak bisa di kembalikan, lakukanlah penyalinan (backup) sebelum mengedir registry. Backup registry merupakan proses untuk menyimpan konfigurasi registry yang dimana komputer berada dalam kondisi yang normal. Edit registry digunakan untuk merubah konfigurasi registry yang ada dan bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja komputer seperti Tweaking yang berfungsi memodifikasi fungsi fungsi supaya kinerja komputer berjalan optimal. Nah tadi kita sudah membahas backup, sekarang kita membahas restore yang digunakan untuk mengembalikan konfigurasi komputer ke kondisi awal.

Sekian pembahasan tentang sistem registry, mudah - mudahan bisa bermanfaat buat pembaca. Terimakasih sudah berkunjung di blog saya, jika ada kata - kata yang kurang bagus mohon di maafkan. Terimakasihh...

No comments for "Sistem Registry Berbasis Windows"